News Admin
Live
wb_sunny

Breaking News

Forum Literasi Lampung Ramaikan Gerakan Nusa Membaca Gramedia*

Forum Literasi Lampung Ramaikan Gerakan Nusa Membaca Gramedia*

Bandar Lampung.Beraninews

Dalam rangka memperingati Hari Jadi yang ke 50, Toko Buku Gramedia Lampung menyelenggarakan Gerakan Nusa Membaca. Kegiatan ini diselenggarakan pada 30 titik se-Indonesia dan salah satunya di  Lampung. 

Kegiatan Nusa Membaca yang dicanangkan sejak awal 2024 ini membawa harapan untuk mewujudkan masyarakat yang tercerahkan melalui akses yang lebih luas terhadap informasi dan pengetahuan dari berbagai jenis buku-buku bacaan. Bernard Tarigan.

Manajer Gramedia Lampung menyampaikan hal tersebut  saat memberikan sambutan pada Gerakan Nusa Membaca yang diselenggarakan di Gramedia Jl Raden Intan – Bandar Lampung, Minggu Tanggal 28 April 2024.

Rangkaian kegiatan menarik dimulai dengan membaca buku bersama, peserta diberi kesempatan untuk memilih sendiri buku bacaan di Toko Buku Gramedia, diberi waktu membaca buku yang dipilih. Kemudian diberi kesempatan mengulas isi buku yang dibaca dan bagi pemenang diberikan hadiah menarik.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini masyarakat dengan berbagai profesi, ada guru, mahasiswa, komunitas dan relawan literasi yang tergabung di Forum Literasi Lampung.  Selain membaca buku bersama, lomba mengulas isi buku, juga sharing bersama Komunitas Literasi,  tutorial pembuatan DIY Book Bouquet dan ditutup dengan Donasi Buku dari Gramedia.

Gerakan Nusa Membaca juga dihadiri Ketua Komunitas Minat Baca Indonesia (KMBI) Provinsi Lampung, Gunawan Handoko yang mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Peserta sebagai sarana untuk dapat berkontribusi dalam peningkatan  literasi bagi generasi masa depan bangsa. 

Ada beberapa Peserta yang menjadi pemenang lomba mengulas buku yang dibaca, selain dari beberapa Komunitas Literasi ada juga  Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung dan mendapatkan hadiah buku dari Gramedia.

Sementara itu, Ketua Forum Literasi Lampung (FLL), Eni Amaliah, pada kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi  kepada Gramedia Lampung yang telah membantu program pemerintah dalam gerakan literasi melalui pemberian bantuan buku-buku bacaan kepada komunitas literasi yang mewakili 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

Menurutnya,  masyarakat di Lampung khususnya anak-anak yang tinggal di daerah pedalaman sangat butuh buku-buku bacaan yang sesuai dengan minatnya, karena belum ada toko buku di sana. Juga para pemuda membutuhkan buku-buku bacaan yang berkualitas, yang merupakan kebutuhan dasar untuk kemajuan bangsa. 

Kita semua harus menyadari  bahwa gerakan literasi akan terwujud dengan dukungan banyak pihak, salah satunya upaya Gramedia Lampung yang melibatkan Komunitas Literasi pada kegiatan Gerakan Nusa Membaca ini.(**)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar